Oktober 20, 2009 at 12:36 am (Uncategorized)

Film Emak Ingin Naik Haji Impian Sederhana Seorang Emak


Jenis Film:

– Drama

Pemain:

– Atik Kanser, Reza Rahadian, Didi Petet, Niniek L karim, Ayu Pratiwi, Henidar Amroe, Ustad Jeffry Al Bukhori

Sutradara:

– Aditya Gumay

Penulis:

– Adenin Adlan, Aditya Gumay

Produser:

– Putut Widjanarko, Adenin Adlan

Produksi:

– Mizan Productions & Smaradhana Pro

 

SEORANG anak pastinya ingin membahagiakan orang tuanya. Tapi seiring berjalannya waktu, ketika sang anak memiliki hidup dan mimpinya yang ingin diraihnya, membuat kebahagiaan orangtua sedikit tergeser. Hal inilah yang ingin diangkat oleh sutradara muda Aditya Gumay lewat film Emak Ingin Naik Haji.

Kisah diawali dengan kehidupan Zein (Reza Rahadian) dan Emak (Aty Kanser) di pesisir pantai. Zein yang sibuk dengan hidup rumah tangganya, akhirnya harus menerima kenyataan pernikahannya gagal dan harus menjadi duda. Hidup berdua, setelah sang ayah dan kakaknya meninggal, membuat Zein sangat menyayangi emaknya. Untuk hidup sehari-harinya, Zein bekerja sebagai penjaja lukisan keliling. Emak sendiri bekerja sebagai pembantu di keluarga Bang Haji (Didi Petet).

Suatu hari, Zein menyadari ada satu mimpi emaknya yang belum terwujud, yakni menunaikan ibadah haji. Sadar bahwa bukan orang berada, Emak rela menabung bertahun-tahun untuk mewujudkan mimpinya. Zein yang melihat semangat sang emak untuk bekerja dan menabung meski usia emaknya sudah tidak muda lagi, membuat hatinya tergerak. Secara tak sengaja, ia melihat program undian berhadiah yang hadiahnya naik haji jika berbelanja suatu produk dengan kelipatan tertentu. Ia pun mengumpulkan kupon undian yang dibuang pengunjung. Selang beberapa hari kemudian, di sebuah koran ia melihat pengumuman undian tersebut. Antara percaya dan tidak, nomor undian milik Zein-lah yang memenangkan hadiah utama untuk naik haji.

Zein pun buru-buru pulang untuk mengabarkannya kepada Emak. Sesampainya di rumah, ia tidak mendapati emaknya tidak di rumah. Akhirnya, ia meninggalkan pesan. Sedang ia berusaha mencari Emak di sekitar rumah. Karena kegirangan ia tak menyadari dari arah lain ada mobil melaju ke arahnya dengan kecepatan tinggi.

Lagi, sebuah film yang diadaptasi dan dikembangkan dari cerpen. Adalah Emak Ingin Naik Haji, judul film yang disamakan dengan karya Asma Nadia. Sejumlah nama seperti Aty Kanser, Didi Petet, Niniek L Karim, Henidar Amroe, Cut Memey, Reza Rahadian, Ayu Pratiwi, Gagan Ramdhani, Alexia, Aswin Fabanyo, Helsi Herlinda, Genta Windi, Dedi Maulana, dan Ustad Jeffry Al Bukhori. Sedangkan film yang diproduksi MIzan ini diproduseri oleh Putut Widjanarko dan Adenin Adlan Film.

Meski harus bersaing dengan film 2012 yang sedang mendapat perhatian moviegoers, namun Emak Ingin Naik Haji cukup mencuri perhatian. Dari sisi pemain, film ini berani memasang Aty Kanser, yang sudah tidak muda lagi dengan didampingi Reza Rahadian sebagai pemain utama. Padahal jika kita lihat, film-film Indonesia akhir-akhir ini hampir semua peran utama dibawakan oleh artis-artis muda.

Duet Aty dan Reza pun ditampilkan sangat apik, chemistry antara keduanya terlihat natural. Tak heran, Aty sendiri selalu bermain di film-film langganan festival, seperti Alang-alang dan Taksi. Meski dari sinematografi, gambar-gambar yang ditampilkan Aditya terbilang biasa, namun ia mampu menampilkan scene dan dialog-dialog yang pas dan tidak terlalu lebay.(int/ekk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: